Minggu, 04 Juni 2023

Israel di Piala Dunia U-20: Sempat Ditolak Indonesia, Sekarang ke Semifinal

Foto: Buda Mendes - FIFA/FIFA via Getty Images

DPNTimes, Bola - Timnas Israel U-20 mengukir sejarah di gelaran Piala Dunia U-20 2023. Sempat ditolak Indonesia, sekarang anak latih Ofir Haim malah mampu ke semifinal.

Piala Dunia U-20 2023 nyaris digelar di Indonesia. Namun, eksistensi Timnas Israel U-20 menimbulkan hilangnya status tuan rumah Tanah Air.

Masifnya protes dari beberapa pihak terkait keberadaan Israel, menyebabkan hilangnya status tuan rumah ayng telah dikantongi Indonesia. FIFA lantas memidahkan lokasi pertarungan Piala Dunia U-20 2023 ke Argentina.

Israel U-20 risikonya bisa bermain di Argentina. Meski juga mendapatkan beberapa protes, Anan Khalaili dkk bisa dengan tanpa hambatan bertanding.

Tergabung di Grup C Piala Dunia U-20 2023, Timnas Israel U-20 lolos ke babak 16 besar dengan dramatis. Sempat kalah 1-2 dari Kolombia di adu perdana, Israel menahan imbang Senegal 1-1 di berantem kedua, dan menentukan kelolosannya di berkelahi terakhir usai menekuk Jepang 1-0. Israel lolos dengan status runner up di bawah Kolombia.

Di babak 16 besar, Israel kembali menang dramatis dengan membungkam Uzbekistan lewat gol Khalaili di injury time. Dewi Fortuna kembali menaungi Israel di babak delapan besar.

Melawan Brasil di Estadio San Juan Bicentenario, Sabtu (3/6) waktu lokal, Israel bisa mengalahkan tim memiliki imbas Brasil 3-2. Kembali gol di kala perpanjangan waktu menentukan kemenangannya.

Sempat tertinggal lewat gol Marcos Leonardo di menit ke-56, Israel mampu menyamakan skor di menit 60 lewat gol Anan Khalaili. Laga lanjut ke tambahantime.

Brasil sempat kembali unggul di ketika Marcel Nascimento menciptakan gol di menit ke-91. Namun, Israel lagi-lagi menyamakan skor lewat gol Hamza Shibli dua menit berselang.

Sampai kesudahannya, Israel memilih kemenangannya di menit ke-105+3. Gol dari Dor David Turgeman memastikan kemenangan 3-2 dan meloloskan Israel ke semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 sendiri menjadi ajang debut bagi Israel. Penampilan di Argentia menjadi yang pertama sepanjang sejarah mereka di Piala Dunia usia muda ini.

Israel terang menjadi tim sarat kejutan di Piala Dunia U-20 2023. Tay Abed, gelandang Israel, menyebut hasil melawan Brasil menjadi jawaban atas pandangan sebelah mata terhadap negaranya terkait sepakbola.

"Kami tahu, sebelum bertengkar tak ada yang memberi kami kesempatan. Tapi kami percaya diri. Brasil tim menakjubkan, salah satu yang terbaik di turnamen ini. Tapi kami bermain dengan hati, dengan gairah," katanya, di situs FIFA.

"Ini perasaan terbaik bagi saya dan semua pemain, tampilan terbaik sepanjang turnamen. Ini menjadi sejarah bagi negara saya. Perasaannya hebat. Kami begitu senang sanggup mengungguli tubruk ini. Ada banyak fans sepakbola di Israel. Ini olahraga yang paling terkenal, seluruh negeri menyaksikannya. Kami besar hati mampu memenangkannya untuk seluruh penjuru negeri," ungkapnya.

Di semifinal, Timnas Israel U-20 tinggal menunggu pemenang Amerika Serikat vs Uruguay. Semifinal Piala Dunia U-20 2023 akan digelar pada Kamis (8/6) waktu setempat.

Sumber: detikdotcom

Share:
CLOSE ADS
CLOSE ADS

DPNTimes

Postingan Populer

Arsip Blog

DPNTimes Health

SERBA-SERBI DPNTIMES

EDUKASI DPNTIMES